• Jelajahi

    Copyright © Berita Nomor Satu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Resmikan Bendung Lalengrie,   Plt. GUBERNUR SUL SEL, Andi Sudirman Sulaiman: "Sipamase-Maseki"

    Editor: Admin Nomor Satu Senin, 06 Desember 2021, 07.28 WITA Last Updated 2021-12-05T23:28:43Z


    BeritaNomorSatu.Com-Watampone-
    Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, S.T., didampingi Wakil Bupati Bone Bapak Drs. H. Ambo Dalle, M.M. serta Plt, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Prov. Sulsel meresmikan bendungan LalengriE ditandai  dengan penandatanganan prasasti.

    Selain bendungan LalengriE juga  Embung Lalengrie yang terletak di Desa Ujung Lamuru, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone, Sabtu, (4 /12/2021).

    Turut hadir Anggota DPRD Prov. Sulsel, Dandim 1407 Bone, Kapolres Bone, Kadis PTSP Prov. Sulsel, Kadis Bina Marga, Cipta Karya & Tata Ruang Kab. Bone, Kadis Ketahanan Pangan Kab. Bone, Camat Lappariaja, Kapolsek Lappariaja, Danramil Lappariaja, Kades Ujung Lamuru dan tamu undangan.

    Bendung dan embung ini yg diresmikan atas permintaan masyarakat yang mampu Potensi Aliri 1.100 Ha dan Embung Lalengrie 300 Ha

    Menurut Andi Sudirman  Sulaiman
    Bendungan yang dikerjakan sejak 2019 ini adalah hasil dari permintaan masyarakat dibagi dalam dua tahapan pengerjaan. Di mana tahap pertama berupa pekerjaan bendung dan jaringannya senilai Rp21,5 miliar. Tahap 2 pekerjaan reservoir dan jaringannya dengan anggaran Rp41,9 miliar.

    “Bendung dan embung Lalengrie telah selesai, areal potensialnya akan mengairi 1.100 hektar , sedangkan embung Lalengrie akan mengaliri 300 haktere sawah. Namun untuk pengerjaan tahap 1 dan tahap 2, baru bisa mengairi 700 hektar, makanya kita datang untuk meresmikannya” Ungkap putra bumi arung Palakka ini

    Ia menambahkan “Berhubung masih adanya  pekerjaan lanjutan yaitu untuk menghubungkan daerah irigasi pada bagian bawah , maka Rencananya, dilanjutkan ditahun 2022.” Tambah PLT Gubernur itu

    Pembangunan bendung dan embun Lalengrie ini bertujuan  untuk meningkatkan indeks produksi dari petani, perkebunan maupun padi ,Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

    “Saya berharap fasilitas ini peliharaki semua dan jagaki dengan baik untuk dipakai bersama sama, begitupun dalam penggunaannya Sipammase-mase ki (mari saling menyayangi),” harapnya.
    Usai melakukan peresemian Andi Sudirman juga berdialog bersama dengan warga dan pemerintah setempat. Serta melakukan menyemai benih ikan di embung Lalengrie.(*rdks-RK-FT)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru