• Jelajahi

    Copyright © Berita Nomor Satu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sompung Lolona Cenrana Menyampaikan Aspirasinya Terkait di Komisi lll DPRD Bone

    Editor: Admin Nomor Satu Rabu, 06 April 2022, 14.41 WITA Last Updated 2022-04-06T06:41:16Z

    Www. BERITANOMORSATU.COM
    Rapat dengar pendapat umum (RDPU) terkait Aspirasi masyarakat sompu lolona cenrana yang digelar di ruang Rapat komisi lll DPRD Bone 5 April 2022.

    Sompung lolona cenrana mempertanyakan terkait sepanjang  jalan poros watu Cenrana sangat hancur dan sering mengakibatkan mobil pengangkut beras dan jagung terbalik sangat di sayangkan tidak pernah tersentuh perbaikan jalan dari pemerintah.

    Salah satu warga Cenrana dan perwakilan dari sompung lolona cenran sangat. Sangat menyayangkan karna menduga ada pembiaran pertambangan galian C yang diduga menjadi salah satu penyebab kerusakan jalan dan meminta tegas agar tambang ditutup karena menyebabkan kerusakan lingkungan.

    "Menurut Analisa kami yang menjadi salah satu penyebab hancurnya sepanjang ruas jalan Cenrana, diakibatkan seringnya mobil muatan berak keluar masuk bahkan sampai puluhan mobil setiap harinya disebakan maraknya tambang galian c di sepanjang pinggir sungai Cenrana akibat aktivitas penambangan tersebut setiap tahunnya juga menyebabkan Banjir" ungkap Adi Perwakilan sompung lolona cenrana.

    Desakan itu mendapat reaksi dari kepala desa Naga Uleng, Hamsah. Beliau meminta dengan Tegas kepada permintaan penutupan tambang galian c yang berada di cenrana tepatnya Desa Naga Uleng, Beralasan bahwa tambang tersebut merupakan kebutuhan pokok desa dan salah satu sumber mata pencaharian utama bagi beberapa masyarakatnya. 

    " Saya setuju jika adek-adek saya mendesak perbaikan jalan. Tetapi saya kurang setuju dan meminta dipertimbangkan serta mencarikan solusinya untuk menutup tambang galian c ini. Karena ini soal Kebutuhan hidup sebahagian warga saya dan dipastikan kalau tambang ditutup maka pembangunan juga akan tertunda,” ungkap Hamsah 

    Hamzah bahkan meminta Ketua Komisi lll yang memimpin rapat yakni H. Andi Suedi untuk mencarikan solusinya, agar semua berjalan lancar baik perbaikan jalan dan aktivitas penambangan juga lancar.

    Rapat Dengar Pendapat Umum ditutup dengan melahirkan 3 rekomendasi yakni, meminta jalan sepanjang 1,5 Km yang menjadi tuntutan “Sompulolona Cenrana” agar menjadi prioritas pengerjaan di tahun 2023, Meminta Pemerintah Kecamatan dan Desa segera membuat pertemuan, Mengumpulkan masyarakat Cenrana guna membahas dan mencari solusi terkait tambang, dan meminta agar pihak Pemerintah melalui Dinas terkait segera menyelesaikan RTRW pertambangan tahun ini.

    RDPU turut dihadiri Kapolres Bone,Kadis PU,PSDA,BPBD,Camat Cendrana,Kades Nagauleng dan para pemerhati Masyarakat Cendarana,Sompunglolona.

    Jumardi
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru